Engagement event merupakan kegiatan penting yang secara berkala dilaksanakan berbagai organisasi atau instansi untuk memberikan kesempatan bagi karyawan, distributor dan klien saling mengenal diluar dari konteks dan pembicaraan bisnis.
Kegiatan ini mencakup Customer Gathering, Internal Gathering ataupun Distributor Gathering yang biasanya sudah direncanakan secara matang oleh perusahaan. Tempat pelaksanaannya pun beragam, mulai dari objek wisata sampai dengan fasilitas umum dimana orang-orang bisa berkumpul dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama.
Melalui engagement event, sebuah perusahaan pasti berharap untuk bisa saling mengenal masing-masing individu secara personal demi menumbuhkan kepercayaan serta membangun chemistry yang berdampak dalam lingkungan bisnis bahkan non-bisnis.
Selama pandemi berlangsung, imbauan protokol kesehatan yang ketat seperti, pembatasan jumlah orang dalam kerumunan serta anjuran perusahaan untuk work from home – telah berdampak cukup signifikan pada gagalnya sejumlah event engagement yang rencananya diselenggarakan secara offline. Situasi ini tentu membawa tantangan baru dalam aplikasi event berbasis “New Normal” yang mengundang para peserta untuk bertatap muka dan mengikuti aktivitas secara virtual.
Training Market ID (TMID) sebagai online platform pertama di Indonesia yang mengusung Masterclass Profesi Esport Pro Player, melihat banyaknya kebutuhan alternatif engagement event virtual yang dapat membawa semangat kebersamaan dan teamwork dalam bentuk online, karena itu permintaan engagement event berupa turnamen esport dari perusahaan pun mendatangi kami.
Perusahaan induk TMID yaitu Management Development International (MDI) adalah perusahaan yang sudah berpengalaman di Indonesia selama 27 tahun dalam bidang manajemen SDM, karena itu TMID juga didukung dengan orang-orang ahli yang berpengalaman mengadakan event untuk SDM perusahaan secara customized dan terorganisir dengan tetap meninggalkan pesan yang mendalam dan mengasah keterampilan soft skill.
Jadi jika dulu aktivitas fisik/olahraga bersama selalu menjadi sebuah aktivitas yang disukai untuk engagement event, kini perusahaan memiliki alternatif esports sebagai media untuk mempersatukan orang-orang yang memiliki hobi bermain game online dan dapat menggunakannya sebagai analogi persaingan bisnis di dunia nyata.
Tahun 2020, MDI diberi kepercayaan oleh beberapa perusahaan ternama seperti Wyeth, Nestle, dan AEON untuk mengadakan Event Virtual Team Building. Mengangkat tema yang eksentrik dan anti-mainstream, MDI membawa nuansa event gathering seperti misalnya“Santai serasa di Pantai”, dimana saat peserta event online mereka masing-masing akan mengenakan pakaian tema pantai, lengkap dengna kacamata hitam dan topi besar.
Masing-masing perusahaan mengirimkan setidaknya 100 peserta dari berbagai latar belakang divisi pekerjaan seperti Human Resources, Marketing, dan Sales. Dipandu oleh trainer MDI yang ahli di bidangnya, engagement event ini dikemas dengan menarik sehingga para peserta dapat menyerap setiap bahan sharing dengan mudah.
Selain pengalaman tailoring virtual event engagement ke berbagai perusahaan FMCG dan retail raksasa di Indonesia, TMID juga turut menyelenggarakan event turnamen ESports pada tanggal 22 Desember 2020 lalu dengan kolaborasi bersama Matthew Mayo, seorang Pro Player dengan spesialisasi game PUBGM (Playerunknown’s Battlegrounds Mobile).
Event yang diberi judul The Rise of Pro Player ini terisi penuh oleh 380 orang pendaftar yang datang dari seluruh penjuru Indonesia. Sesi pertama diisi dengan tanya jawab dengan PUBGM Pro Player, Matthew Mayo dan sesi selanjutnya adalah turnamen PUBGM dengan 100 orang dari total peserta. Turnamen ini dipandu oleh langsung oleh Matthew Mayo.
Mereka yang tidak berkesempatan bermain pun dapat tetap berpartisipasi dengan menonton lewat sistem “nobar” (nonton bareng) yang telah dipersiapkan oleh TrainingMarketID. Pemenang Fun Match berkesempatan mendapat hadiah free Live Coaching dari Matthew Mayo selama 1 bulan.
Dari survey yang kami lakukan setelah event, kami mendapat bahwai 100 % peserta yang mengikuti event ini memberikan respon positif. Mereka merasa event ini sangat bermanfaat, seru, dan dapat menjadi alternatif untuk event kebersamaan yang kekinian dan sarat pesan. Trend engagement event secara virtual dari hari ke hari ini yang terus mendorong TMID untuk dapat menyuguhkan pengalaman turnamen Esport kepada perusahaan-perusahaan untuk mendukung engagement event mereka.
Jika perusahaan tertarik tentunya team TMID akan siap dengan sesi konsultasi demi mendengarkan kebutuhan perusahaan. TMID dapat dengan mudah dihubungi di www.trainingmarket.id atau dengan meninggalkan pesan di Instagram kami @trainingmarket.id