Membaca Artikel Komunikasi Efektif Lintas Generasi dan membuat rangkuman

Baca artikel berikut ini dengan seksama terlebih dahulu

 

KOMUNIKASI LINTAS GENERASI

Komunikasi akan menjadi efektif jika antara pemberi informasi dengan penerima informasi memiliki persepsi yang sama. Untuk dapat membuat komunikasi menjadi efektif, kita juga harus mengenali hambatan-hambatan yang mungkin terjadi dalam sebuah komunikasi, salah satu hambatan yang mungkin terjadi adalah adanya Gap Generasi. Perbedaan latar belakang generasi ini seringkali menjadi hambatan saat kita melakukan komunikasi, didalam keluarga atau pun saat bersosialiasasi dengan orang lain dalam masyarakat. Untuk dapat meminimalisir hambatan tersebut, kita harus mampu mengenali generasi yang ada dan memahami komunikasi yang tepat dengan generasi tersebut.

Berkenalan dengan Generasi Baby Boomers, Gen X dan Gen Y

Baby Boomers

  • Kelahiran Tahun  1946 – 1964 (55 – 73thn)
  • Tidak pensiun seperti yang direncanakan tetapi mereka ‘berpindah pekerjaan’
  • Berganti prinsip dari bekerja keras menjadi menikmati kehidupan
  • Terbiasa dengan hirarki, struktur dan proses
  • Persepsi terhadap loyalitas adalah untuk jangka panjang
  • Bekerja keras untuk mencapai tujuan

Berkomunikasi dengan Baby Boomers

  • Ejaan dan tata bahasa sangat penting
  • Lebih memilih untuk berbicara dengan bertemu muka secara langsung atau melalui telepon
  • Mengacu kepada pengalaman mereka
  • Berbicara dengan rasa hormat
  • Fokus kepada masa depan dan keuntungan untuk mereka
  • Mereka lebih memilih untuk dipersiapkan daripada diberitahu di menit terakhir
  • Perlu dibantu untuk menggunakan teknologi

 Gen X

  • Kelahiran Tahun 1961 – 1981 (38 – 58thn)
  • Bertumbuh dengan MTV, Madonna & PacMan.
  • Anak dari Boomers dan tradisionalis.
  • Mencoba untuk mengikuti peraturan dari Boomers tetapi ada yang dikurangi dan diubah.
  • Menginginkan hidup yang seimbang dan waktu dengan keluarga.
  • Percaya bahwa mereka dapat bekerja di mana saja dan tidak ingin terikat dengan jam kerja kantor.
  • Ingin bekerja berdasarkan proyek dan kebebasan.

Berkomunikasi dengan Gen X

  • Mereka memilih email karena ‘tertulis’ dan bukti terhadap apa yang telah dikatakan dan dikerjakan
  • Mereka tidak memiliki kebutuhan  untuk berkomunikasi dengan bertemu secara langsung atau melalui telepon – karena kenyataannya mereka melihat ini sebagai pemborosan waktu
  • Mereka sangat langsung dan cepat di dalam berkomunikasi
  • Mereka berkomunikasi dari manapun dan menggunakan teknologi mereka untuk meningkatkan keseimbangan

 Gen Y

  • Kelahiran Tahun 1980 – 2000 (19 – 39thn)
  • Bertumbuh dengan teknologi sejak lahir
  • Zaman You Tube, Facebook dan Twitter
  • Secara sosial dan global terhubung melalui teknologi
  • Diasuh oleh Gen X dan orang tua Boomers
  • Tingkat percaya diri yang tinggi
  • Memiliki mental “Life is too short”
  • Ingin bersenang-senang & mendapatkan penghargaan

Berkomunikasi dengan Gen Y

  • Gen Y selalu memiliki smartphone sebagai tangan ke tiga nya
  • Email untuk percakapan sehari-hari kuno bagi mereka
  • Mereka dapat duduk disamping teman tetapi sibuk mengirimkan pesan teks
  • Senang untuk mengirimkan instant message
  • Mereka tidak suka untuk berbicara melalui telepon kecuali hal tersebut sangat penting
  • Mereka suka bertemu muka dengan muka hanya kalau hal tersebut menyenangkan

 Komunikasi Antar Generasi

  • Gunakan pesan teks untuk Gen Y
  • Gunakan email untuk tugas – tugas dengan singkat dan fokus
  • Bertemu secara langsung apabila ingin melangsungkan diskusi yang penting
  • Gunakan Skype apabila tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung
  • Dengan mengerti cara berpikir Generasi, kita dapat meningkatkan keterampilan kita dalam berkomunikasi, dan tentunya meningkatkan efektifitas kita dalam berkomunikasi.
You cannot copy content of this page