Mengelola Usaha Sebagai Pemilik Toko Perdagangan

Mengelola Usaha Sebagai Pemilik Toko Perdagangan

Saat Ini Status
Tidak Terdaftar
Harga
Ditutup
Memulai
This kursus is currently closed

Deskripsi Program

Toko merupakan tempat yang umumnya biasa diakses masyarakat,  dikenal sebagai pusat perbelanjaan yang masih tradisional. Memiliki usaha toko di saat seperti ini, bukanlah yang mudah. Kompetisi begitu banyak, di tengah gempuran menjamurnya bisnis ritel di Indonesia. Belum lagi berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, membuat para konsumen memiliki pergeseran dalam caranya membeli suatu produk. Tentu semua ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda pemilik toko. Untuk itu, pemilik toko harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan mampu menciptakan keunikanpada usaha yang dijalankannya.

Sebagai pelaku usaha khususnya pemilik toko, tentu perlu memiliki keterampilan yang baik agar toko terus menghasilkan pundi-pundi uang. Namun keterampilan saja tidaklah cukup. Butuh kejujuran, ketekunan, dan sikap pantang menyerah agar dapat tetap bersaing dengan ritel modern ataupun kompetitor lainnya, saat ini. Karena itu, pelatihan ini dirancang secara khusus agar Anda yang memiliki toko, bahkan yang baru ingin memulai usaha toko, dapat mengelola secara efektif.

Setelah mengikuti program ini, Anda akan mampu meningkatkan kompetensi untuk menjadi pemilik toko yang lebih mahir sehingga diharapkan bisa meningkatkan mengelola dan mengoperasikan toko sesuai tugas pemilik toko berdasarkan Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia 2014. 

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Setelah mengikuti program ini, Anda akan mampu meningkatkan kompetensi untuk menjadi pemilik toko yang lebih mahir sehingga diharapkan bisa meningkatkan mengelola dan mengoperasikan toko sesuai tugas pemilik toko berdasarkan Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia 2014.

Tujuan Pelatihan (Khusus)

  1. Peserta mampu secara bertahap merancang strategi pemasaran yang cocok untuk usaha atau toko nya
  2. Peserta mampu melakukan analisa lingkungan internal dan eksternal untuk merancang strategi pemasaran
  3. Peserta mampu menerjemahkan strategi pemasaran menjadi taktik pemasaran daring dan tatap muka
  4. Peserta mampu mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan taktik pemasaran daring dan tatap mukan

Durasi Pelatihan
1. Mengenal Jenis jenis usaha Bagi pemilik Toko (47 menit)
– Jenis jenis toko (09.10)
– Prospek toko perdagangan makanan kedepannya part 1 (09.36)
– Prospek toko perdagangan makanan kedepannya part 2 (05.14)
– Prospek toko perdagangan elektronik kedepannya part 1 (07.56)
– Prospek toko perdagangan elektronik kedepannya part 2 (05.07)
– Prospek toko perdagangan kelontong kedepannya 1 (09.51)

2. Sebelum Memiliki &Mengelola Toko (36 menit)
– Sikap yang diperlukan dalam merintis usaha (07.27)
– Sikap yang diperlukan dalam merintis usaha (06.44)
– Buat perencanaan yang matang (10.00)
– Memahami Kompetisi Usaha 1 (06.59)
– Memahami Kompetisi Usaha 2 (04.56)

3. Memahami Barang Dagangan Dan Konsumen Bagi Pemilik Toko (75 menit)
– Menentukan barang yang dijual 1 (06.38)
– Menentukan barang yang dijual 2 (03.55)
– Menentukan harga jual barang part 1 (08.19)
– Menentukan harga jual barang part 2 (06.43)
– Pengelolaan keuangan dasar bagi pemilik toko 1 (06.53)
– Pengelolaan keuangan dasar bagi pemilik toko 2 (07.49)
– Memahami Tipe Kepribadian Dasar Manusia (8.01)
– Tipe konsumen dan cara mengatasinya (9.19)
– Target konsumenberdasarkanstatistik (8.19)
– Analisa konsumen untuk produk makanan & Minuman (9.24)

4. Pelayanan Toko dan Pelanggan (21 menit)
– Pentingnyamemberikepuasanpelanggan (06.11)
– Kunci melayani pelanggan (05.23)
– Memahami Layanan Pesan & Antar (09.49)

5. Memahami Promosi dan Pemasaran Agar Toko Untung (37.44 menit)
– Apa itu pemasaran? (7.46)
– Sebelum melakukan Promosi (4.25)
– Pemasaran online vs Pemasaran offline (7.18)
– Omset Ku Tangkap (02.23)
– Buyer persona (06.32)
– Menerapkan Strategi Referral (08.38)

6. Mengelola Promosi untuk Meningkatkan Omset Toko (53 menit)
– Meningkatkan omset dengan memasarkan produk secara online (04.51)
– Mengetahui Waktu yang Baik Dalam Berjualan (05.37)
– Cara Membuat Judul (05.09)
– Strategi Jualan Lewat Tulisan (03.29)
– Buntu Saat Menulis (04.03)
– Membuat Brosur Dengan Aplikasi Gratis 1 (10.00)
– Membuat Brosur Dengan Aplikasi Gratis 2 (10.00)
– Membuat Brosur Dengan Aplikasi Gratis 3 (10.00)

7. Memaksimalkan Toko Dan Menentukan Tindakan Yang Tepat (58 menit)
– Memastikan toko fisik atau stan terlihat baik – Part 1 (7.22)
– Memastikan toko fisik atau stan terlihat baik – Part 2 (8.11)
– Memilih lokasi dan waktu yang sesuai (9.33)
– Persiapan untuk melakukan jualan (8.20)
– Kiat memberikan promo dan penawaran menarik (7.49)
– Membuat rencana aktivitas dan Database pelanggan (8.31)
– Kiat mengatur keuangan dengan lebih efektif dan efisien (8.37)

8. Tips Menjaga Pelanggan (48 menit)
– Dikejar-kejarKonsumen (04.21)
– Attention Getter (02.07)
– Selling with Benefit (02.40)
– Sales Closing (08.38)
– Selling Tips (03.00)
– Memberikan pelayanan purna jual untuk kepuasan pelanggan (8.20)
– Menghindari pelanggaran yang bisa merusak nama baik (9.52)
– Motivasi untuk bisa sukses dan tetap optimis (9.45)

Total durasi 376 menit

Aspek Kompetensi

Pengetahuan (Knowledge)
I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.069.1 (Mengembangkan Strategi Peningkatan Penjualan Ritel)
A. Pengetahuan: Tantangan lingkungan eksternal (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 2.3 Memahami Kompetisi Usaha 2.00-04.56)

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.014.1 Menjual Produk dan Pelayanan Ritel
B. Pengetahuan: Pengetahuan produk (Aspek ini bisa dilihat di materi 6.1 Meningkatkan omset dengan memasarkan produk secara online menit 1.00-4.00)

Keterampilan (Skill)
I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.066.01 (Membuat Profil Pasar Ritel)
A. Keterampilan: Melakukan penelitian pasar untuk bisnis ritel 2.4 Memahami kompetisi usaha menit ke 03.55-06.59)

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.014.1 Menjual Produk dan Pelayanan Ritel
B. Keterampilan: Mengidentifikasi tanda-tanda (signal) pembelian dari pelanggan (Aspek ini bisa dilihat di materi 8.4 Sales Closing menit ke 3.00-7.00)

Sikap (Attitude)
I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.071.1 (Membuat Perencanaan Strategis Pemasaran Ritel)
A. Sikap: Inovatif dalam menghasilkan ide-ide untuk meningkatkan citra gerai, menemukan strategi memikat pelanggan sehingga jumlah kunjungan (traffic) bertambah (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 5.6 Menerapkan Strategi Referral 00.00-08.38)

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.014.1 Menjual Produk dan Pelayanan Ritel
B. Sikap: Komunikatif saat berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) (Aspek ini bisa dilihat di materi 8.2 Attention Getter menit 00.30-02.00)
 

Metode Ajar

LMS

 

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Jumat jam 9.00 – 10.00 WIB (60 menit) bersama Arif Hidayat, S.S

 

Kelompok Sasaran

Orang yang bekerja atau ingin bekerja di toko atau sebagai pemilik toko

Persyaratan:

  1. Peralatan yang harus dimiliki laptop atau handphone untuk mengikuti kelas
  2. Memiliki produk atau jasa yang ingin dipasarkan

 

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.

Fasilitator Program

Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.

Konten Kursus

Memperluas Semua
You cannot copy content of this page