Menyusun Strategi Pemasaran untuk Spesialis Pemasaran UMKM

Menyusun Strategi Pemasaran untuk Spesialis Pemasaran UMKM

Deskripsi Program

Menjadi spesialis pemasaran akan sangat berperan penting pada keberhasilan bisnis karena pemasaran memiliki fungsi untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan, bahkan memperbanyak konsumen.

Apalagi ke depannya akan semakin besar meningkatnya permintaan akan produk-produk kreatif melalui sektor UMKM, perkembangan gaya hidup digital, sampai bonus demografi tahun 2035 menjadi potensi tersendiri.

Seiring dengan terbukanya potensi yang sangat luas itu, tentu dibutuhkan kompetensi untuk identifikasi konsumen, memilih strategi promosi, dan langkah dalam memaksimalkan penjualan.

Dengan adanya kompetensi ini, Anda akan mampu untuk menyambut peluang sehingga Anda bisa menciptakan promosi yang dapat menarik perhatian konsumen.

Program ini sangat cocok bagi Anda yang tengah bersiap dalam untuk potensi yang lebih luas bahkan bagi Anda yang baru memulai usaha.

Setelah mengikuti program ini, anda akan mampu meningkatkan penjualan hingga mengetahui strategi dan kemampuan dalam bernegosiasi.

 

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Di akhir pelatihan, peserta mampu mengimplementasikan strategi pemasaran sesuai dengan kebutuhan UMKM masing-masing baik secara online maupun tatap muka.

Tujuan Pelatihan (Khusus)

> Peserta mampu mengidentifikasi konsumen yang menjadi target pasar
> Peserta mampu memasarkan produk secara online menggunakan Teknik menulis copy (copywriting)
> Peserta mampu memasarkan produk secara tatap muka kepada pelanggan sesuai dengan target pasar
> Peserta mampu menjaga kepuasan pelanggan agar menjadi pelanggan yang loyal

 

Durasi Pelatihan

Webminar 1: Meningkatkan omset UMKM (60.00)
Webminar 2: Cara Membuat Brosur Dengan Aplikasi Gratis (60.00)

1. Dasar-dasar pemasaran
• Apa itu pemasasaran (7.46)
• Pemasaran online vs offline (7.18)
• Omset ku tangkap (2.23)
• Sebelum melakukan promosi 4.26)
• Buyer persona 6.33)
• Memahami Kompetisi Usaha 1 (6.58)
• Memahami Kompetisi Usaha 2 (4.56)
• Menentukan barang yang dijual part 1 (6.38)
• Menentukan barang yang dijual part 2 (3.55)
• Menentukan harga jual barang part 1 (8.19)
• Menentukan harga jual barang part 2 (3.55)

2. Memasarkan produk anda secara online
• Buat perencanaan yang matang (9.48)
• Meningkatkan omset dengan pemasaran online (4.51)
• Mengetahui waktu yang baik dalam berjualan (5.37)
• Cara menbuat judul (5.09)
• Strategi jualan lewat tulisan (3.30)
• Buntu saat menulis (4.03)
• Memahami Layanan Pesan & Antar (9.49)
• Podcast: Tips jualan untuk para Sales part 1 (6.38)
• Podcast: Tips jualan untuk para Sales part 2 (5.39)
• Tipe konsumen dan cara mengatasinya (9.19)
• Target konsumenberdasarkanstatistik (8.19)
• Analisa konsumen untuk produk makanan & Minuman (9.24)

3. Memasarkan produk anda secara tatap muka
• Dikejar kejar konsumen (4.21)
• Attention getter (2.08)
• Selling benefit (2.40)
• Sales closing (8.38)
• Selling tips (3.00)
• Memberi kepuasan pelanggan (8.21)
• Memahami Tipe Kepribadian Dasar Manusia (8.01)
• Tipe konsumen dan cara mengatasinya (9.19)
• Menerapkan Strategi Referral (8.38)
• Podcast: Tips Membangun Hubungan Baik ke Pelanggan part 1 (8.13)
• Podcast: Tips Membangun Hubungan Baik ke Pelanggan (6.26)

4. Menjaga kepuasan pelanggan
• Pentingnya memberikan kepuasan pelanggan (6.11)
• Kunci melayani pelanggan (5.23)
• Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Konsumen Loyal part 1 (5.56)
• Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Konsumen Loyal part 2 (5.45)
• Memberikan pelayanan purna jual untuk kepuasan pelanggan (8.21)
• Menghindari pelanggaran yang bisa merusak nama baik (9.51)

Total durasi 376 menit

 

Aspek Kompetensi

Pengetahuan (Knowledge)

I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.001.01 (Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan)

A. Pengetahuan: Konsep dasar pemasaran (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 1.1 tentang apa itu pemasaran: menit 1.00-3.50 dan modul 1.2 pemasaran online vs pemasaran tatap muka: menit 0.30-4.00)

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.003.01 (Melaksanakan Penulisan bisnis)

B. Pengetahuan: Konsep komunikasi bisnis (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 2.3 Cara membuat judul: menit 1.00-4.00 dan modul 2.4 Strategi jualan lewat tulisan: menit 1.00-3.50 dan modul 3.3 Selling with benefit: menit 0.30-02.40)

Keterampilan (Skill)

I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.007.01 (Mewujudkan kepuasan pelanggan)

A. Keterampilan: Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 1.5 tentang Buyer Persona: menit 1-6, 4.2 tentang Kunci melayani pelanggan: menit 00.22-05.08)

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.003.01 (Melaksanakan Penulisan bisnis)

B. Keterampilan: Komunikasi antar individu atau kelompok (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 1.5 tentang Buntu saat menulis: menit 1-4

Sikap (Attitude)

I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.001.01 (Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan)

A. Sikap: Perhatian pada detail lingkungan usaha
(Aspek ini bisa dilihat di materi Sebelum melakukan Promosi: menit 00.08-04.06)

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.003.01 (Melaksanakan Penulisan bisnis)

B. Sikap: Cekatan dalam melakukan adaptasi dengan gaya pembeli
(Aspek ini bisa dilihat di modul 1.5 tentang Buyer Persona: menit 1-6, 4.2 tentang Kunci melayani pelanggan: menit 00.22-05.08)

 

Metode Ajar

Hybrid  

Jadwal Pelatihan

25 Agustus, 2021 10:00 AM
1 September, 2021 10:00 AM
8 September, 2021 10:00 AM
15 September, 2021 10:00 AM
22 September, 2021 10:00 AM
29 September, 2021 10:00 AM
6 Oktober, 2021 10:00 AM

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Jumat jam 8.00 – 9.00 WIB (60 menit) bersama Arif Hidayat

 

Kelompok Sasaran

Orang yang bekerja atau ingin bekerja di industri UMKM sebagai tenaga pemasaran atau marketing

Persyaratan:
1. Peralatan yang harus dimiliki laptop atau handphone untuk mengikuti kelas
2. Memiliki produk atau jasa yang ingin dipasarkan

 

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.  

 

Fasilitator Program

Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.

Konten Kursus

Memperluas Semua
You cannot copy content of this page