Belajar Membuat Konten Untuk Wartawan Digital

Deskripsi Program

Revolusi teknologi menuntut wartawan masa kini untuk merevolusi cara kerjanya agar mampu menghadirkan berita yang cepat, akurat dan tepat sasaran. Belajar bagaimana menulis konten untuk wartawan digital akan menjadikan anda sebagai wartawan yang mampu berkompetisi dengan persaingan kerja saat ini.

Program ini sangat cocok bagi Anda yang tengah bersiap menjadi jurnalis yang ingin memproduksi konten digital. Setelah mengikuti program ini, Anda akan mampu meningkatkan kompetensi Anda untuk menjadi jurnalis digital sehingga mampu memproduksi konten yang menarik dan cepat untuk masyarakat didalam dan diluar negri.

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Setelah mengikuti program ini, Anda akan mampu meningkatkan kompetensi Anda untuk menjadi jurnalis digital sehingga mampu memproduksi konten yang menarik dan cepat untuk masyarakat didalam dan diluar negri.

Tujuan Pelatihan (Khusus)

1. Peserta diharapkan mampu memahami Jurnalisme Multimedia
2. Peserta diharapkan mampu mengidentifikasikan modal dasar Jurnalis
3. Peserta diharapkan mampu memahami teknik Storytelling dalam penulisan konten
4. Peserta diharapkan mampu memahami teknik retorika dalam Persuasive Writing
5. Peserta diharapkan mampu memahami Teknik Rethorical Public Speaking
6. Peserta diharapkan memahami cara memilih topik Feature
7. Peserta diharapkan mampu menerapkan teknik Storytelling dalam penulisan konten
8. Peserta diharapkan mampu menerapkan teknik retorika dalam Persuasive Writing
9. Peserta diharapkan mampu menerapkanTeknik Rethorical dalam Public Speaking
10. Peserta diharapkan memapu memproduksi sebuah konten feature

 

Durasi Pelatihan

1.1 Perkenalan: Mengapa saya memilih bekerja di media massa (05.11)
1.2 Jurnalisme Multimedia (06:39)
1.3 Membaca Artikel 1.1: Jurnalisme Era Digital: Digitalisasi Jurnalisme dan Profesionalitas
Jurnalisme Online (30.00)
1.4 Membaca Artikel 1.2: Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran
Pesan (30:00)

2.1 Modal dasar Jurnalis (06:58)
2.2 Teknik Storytelling Part 1 (06:08)
2.2 Teknik Storytelling Part 2 (05:07)
2.3 Membaca Artikel 2.1: Fact-Checking dan Jurnalisme Kolaboratif
pada Platform Media Online (30:00)
2.4 Membaca Artikel 2.2: Jurnalis dan Jurnalisme dalam Fenomena Kontemporer (30:00)

3.1 Retorika dalam Persuasive Writing (06:32)
3.2 Teknik Menulis Persuasif Part 1 (03:07)
3.2 Teknik Menulis Persuasif Part 2 (03.22)
3.2 Teknik Menulis Persuasif Part 3 (02:42)
3.3 Membaca Artikel 3.1: Implementasi Teknik SEO (SEARCH ENGINE
OPTIMIZATION) pada artikel untuk menempati halaman 1 pencarian Google (30:00)
3.4 Membaca Artikel 3.2: Retorika Penulis Artikel di Media Online KOMPASIANA (30:00)

4.1 Retorika dalam Persuasive Public Speaking (04:59)
4.2 Teknik Rethorical Public Speaking (05:50)
4.3 Membaca Artikel 4.1: Analisis Kemampuan Public Speaking dan Komunikasi Konvergensi Host pada Acara Talk Show MAta Najwa Mentro TV (30:00)
4.4 Membaca Artikel 4.2: Retorika dan Penggunaannya dalam Berbagai Bidang (30:00)

5.1 Memilih Topik Feature part 1 (02:03)
5.1 Memilih Topik Feature part 2 (05:04)
5.2 Video Production (05:32)
5.4 Membaca Artikel 5.1: Praktek Multimedia Dalam Jurnalisme di Indonesia (30:00)
5.5 Membaca Artikel 5.2: Proses Gatekeeping pada Tim Digital Kompas TV (30:00)

Uji Praktek Project Video Reporting Human Interest Story (30:00)

Total durasi 372 menit

 

Aspek Kompetensi

Pengetahuan (Knowledge)

1. Memahami Jurnalisme Multimedia (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 1.2 Jurnalisme Multimedia dari menit 00.32 sampai menit 00:45

2. Mengidentifikasikan modal dasar Jurnalis (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 2.2 Modal dasar Jurnalis dari menit 00.30 sampai menit 06:49

3. Memahami teknik Storytelling dalam penulisan konten (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 2.2 Part 1 Teknik Storytelling dari menit 1:22 sampai 5.58 dan Materi 2.2 Part 2 Teknik Storytelling dari menit 00.27 sampai menit 04:49

4. Memahami Teknik Retorika dalam Persuasive Writing (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 3.2 Part 1 Materi Teknik Menulis Persuasif dari menit 00:26 sampai 03:00, Materi 3.2 Part 2 Teknik Menulis Persuasif dari menit 00:18 sampai 03:15 dan Materi 3.2 Part 3 Teknik Menulis Persuasif dari menit 00:18 sampai 02:30

5. Memahami Teknik Rethorical Public Speaking (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 4.1 Part 1 Retorika dalam Persuasive Public Speaking dari menit 03.25 sampai menit 44:45 dan Materi 4.1 Part 2 Retorika dalam Persuasive Public Speaking dari menit 00:40 sampai 05:36

6. Memahami cara memilih topik feature (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 5.1 Part 1 Memilih dari menit 00.30 sampai menit 03: 46 dan Materi 5.1 Part 2 Memilih dari menit 00.17 sampai menit 04:51

7. Memahami cara memproduksi video (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 5.2 Video Production dari menit 00.35 sampai menit 06:20

Keterampilan (Skill)

1. Teknik Storytelling dalam penulisan konten (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 2.2 Part 1 Teknik Storytelling dari menit 1:22 sampai 5.58 dan Materi 2.2 Part 2 Teknik Storytelling dari menit 00.27 sampai menit 04:49

2. Teknik retorika dalam Persuasive Writing (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 3.2 Part 1 Materi Teknik Menulis Persuasif dari menit 00:26 sampai 03:00, Materi 3.2 Part 2 Teknik Menulis Persuasif dari menit 00:18 sampai 03:15 dan Materi 3.2 Part 3 Teknik Menulis Persuasif dari menit 00:18 sampai 02:30

3. Teknik Rethorical dalam Public Speaking (Berdasarkan SKKNI: 639 tahun 2016)
Aspek ini bisa dilihat dari Materi 4.1 Part 1 Retorika dalam Persuasive Public Speaking dari menit 03.25 sampai menit 44:45 dan Materi 4.1 Part 2 Retorika dalam Persuasive Public Speaking dari menit 00:40 sampai 05:36

Sikap (Attitude)

Menunjukkan sikap menyelidik, etis, dan akurat saat memproduksi feature/konten
Aspek ini bisa dilihat dari webinar Materi 6 (Praktek Produksi Konten)

 

Metode Ajar

LMS

 

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Selasa, 16.00-17.00 WIB (60 menit) bersama Meidyana Rayana

 

Kelompok Sasaran

Orang yang akan berkarir menjadi jurnalis digital
Pelajar, karyawan, karyawan lepasan yang memiliki komputer ataupun HP

 

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.  

 

Fasilitator Program

Meidyana Rayana adalah seorang wartawan dan produser yang telah bekerja di dunia jurnalistik nasional dan international dengan pengalaman profesional selama lebih dari 10 tahun. Berpengalaman lebih dari 9 tahun sebagai jurnalis tidak hanya di Indonesia (CNN & TVRI) namun hingga Korea Selatan (KBS). Selain aktif di penyiaran, Meidyana juga tercatat sebagai produser di berbagai bidang penyiaran.

 

Konten Kursus

Memperluas Semua
You cannot copy content of this page