Belajar merancang strategi pemasaran bagi pemilik toko (Webinar)

Saat Ini Status
Tidak Terdaftar
Harga
Ditutup
Memulai
This kursus is currently closed

Deskripsi Program

Agar toko dapat berkembang, maka produk yang ditawarkan harus bisa terjual atau dipakai oleh banyak orang. Namun masalahnya, tidak semua pemilik toko mampu memasarkannya secara efektif. Akhirnya banyak peluang yang terlewatkan, dan membuat toko tidak begitu berkembang. Lalu, bagaimana caranya suatu produk secara efekti?

Tentunya Anda perlu melakukan pemasaran dengan beberapa strategi yang ada. Strategi pemasaran produk sendiri adalah strategi yang dirancang untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk atau jasa dengan berbagai proses penjualan di dalamnya.

Sesuai dengan Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020 – Shopkeeper, Anda akan dibimbing untuk membuat strategi serta turunan dari strategi dalam bentuk siasat-siasat pemasaran. Strategi sifatnya luas, maka dari itu kita akan menerjemahkan strategi menjadi program-program pemasaran.
Di dalam pelatihan ini juga Anda akan dibekali dengan kemampuan merancang program pemasaran, yang mana sudah menjadi keniscayaan dalam menjalankan bisnis atau toko dewasa ini. Anda akan dibekali dengan teknik-teknik mengelola pemasaran seperti pembuatan konten, melakukan analisa data dan informasi terkait perencanaan strategis pemasaran produk ritel, hingga mengidentifikasi tanda-tanda (signal) pembelian dari pelanggan.

 

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Peserta pelatihan mampu merancang strategi pemasaran bagi bisnis / tokonya dengan baik dan sistematis, dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri

Tujuan Pelatihan (Khusus)

  • Peserta mampu mengingat apa itu strategi
  • Peserta mampu mengimplementasikan pembuatan strategi dasar untuk toko
  • Peserta mampu menjelaskan mengapa pemasaran diperlukan untuk sebuah toko
  • Peserta mampu menguraikan perbedaan pemasaran online dan offline
  • Peserta mampu membuat profil pelanggan toko sebelum memulai pemasaran
  • Peserta mampu menjelaskan strategi utama memasarkan produk melalui online
  • Peserta mampu mengetahui berbagai metode pemasaran online
  • Peserta mampu memahami langkah langkah untuk membuat toko fisik terlihat baik
  • Peserta mampu membedakan fitur dan manfaat dari produk yang dipasarkan di toko
  • Peserta mampu membedakan pelayanan yang baik dan buruk
  • Peserta mampu melakukan langkah langkah membuat pelanggan loyal

 

Durasi Pelatihan

  1. Sesi 1 Manajemen strategi untuk toko (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu mengingat apa itu strategi
  • Peserta mampu mengimplementasikan pembuatan strategi dasar untuk toko
  1. Sesi 2 Dasar-dasar pemasaran (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu menjelaskan mengapa pemasaran diperlukan untuk sebuah toko
  • Peserta mampu menguraikan perbedaan pemasaran online dan offline
  • Peserta mampu membuat profil pelanggan toko sebelum memulai pemasaran
  1. Sesi 3 Memasarkan produk anda secara online (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu menjelaskan strategi utama memasarkan produk melalui online
  • Peserta mampu mengetahui berbagai metode pemasaran online
  1. Sesi 4 Memasarkan produk anda secara tatap muka (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu memahami langkah langkah untuk membuat toko fisik terlihat baik
  • Peserta mampu membedakan fitur dan manfaat dari produk yang dipasarkan di toko
  1. Sesi 5 Strategi pengembangan usaha dengan kepuasan pelanggan (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu membedakan pelayanan yang baik dan buruk
  • Peserta mampu melakukan langkah langkah membuat pelanggan loyal

Total durasi 900 menit

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNISI)

  • Perencanaan strategis pemasaran
  • Pemasaran produk dan pelayanan secara daring (online)

SIKAP KERJA (AFEKSI)

  • Teliti dan detail dalam membuat analisa dan rencana strategis bisnis ritel
  • Komunikatif saat berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

  • Melakukan analisa data dan informasi terkait perencanaan strategis pemasaran produk ritel
  • Mengidentifikasi tanda-tanda (signal) pembelian dari pelanggan

 

Metode Ajar

Daring

Kelompok Sasaran

Kelas ini dapat diikuti oleh pemula (Fresh Graduate S1, Lulusan SMA maupun Lulusan SMK), dan orang yang bekerja atau ingin bekerja di toko atau sebagai pemilik toko.

Persyaratan:

  1. Peralatan yang harus dimiliki laptop atau handphone untuk mengikuti kelas, membaca artikel, mengisi survey, dan melakukan riset
  2. Memiliki produk atau jasa yang ingin dipasarkan
  3. Mampu memahami Bahasa Indonesia dengan baik

 

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.

 

Fasilitator Program

Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.

Konten Kursus

Memperluas Semua
You cannot copy content of this page