Menjadi Supervisor Toko Yang Handal Dengan Mengetahui Dasar Mengelola Toko

Menjadi Supervisor Toko Yang Handal Dengan Mengetahui Dasar Mengelola Toko

Saat Ini Status
Tidak Terdaftar
Harga
Ditutup
Memulai
This kursus is currently closed

Deskripsi Program

Seiring dengan meningkatnya perekonomian Indoesia, jumlah pelaku usaha dan unit bisnis usaha juga ikut meningkat. Banyak toko dari berbagai merek mulai membuka cabang-cabang atau unit baru di berbagai kota di Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Banyaknya bisnis dan toko baru yang melakukan ekspansi tersebut membuat mulai banyaknya dibuka lowongan kerja sebagai supervisor toko atau posisi semisalnya.

Program ini dirancang khusus untuk Anda yang sedang mempertimbangkan karir untuk menjadi Supervisor Toko, atau untuk Anda yang saat ini sudah berada di posisi Supervisor Toko, namun ingin belajar lebih dalam lagi terkait dasar mengelola toko yang baik dan benar. Disini, Anda tidak hanya akan mempelajari Teori dari seorang praktisi, namun Anda juga akan mendapatkan masukan-masukan dari Supervisor yang berpengalaman hampir 16 tahun di dunia retail tentang bagaimana mengelola Toko yang baik dan benar.

Setelah mengikuti program ini, Anda akan mampu meningkatkan kompetensi untuk menjadi Supervisor toko yang lebih mahir sehingga diharapkan bisa meningkatkan kinerja toko yang Anda pimpin.

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Setelah mengikuti program pelatihan online ini, Peserta memiliki pengetahuan dan kompetensi terkait dasar mengelola toko sebagai seorang Supervisor, Sehingga diharapkan peserta bisa mengelola toko dengan baik, memimpin staff yang menjadi tanggung jawabnya, serta meningkatkan penjualan di toko tersebut

Tujuan Pelatihan (Khusus)

1. Peserta mampu menangani komplain dan keberatan konsumen
2. Peserta mampu mengelola stok dan inventori dengan baik dan benar
3. Peserta mampu mencegah kehilangan barang
4. Peserta mampu menjaga keamanan toko
5. Peserta mampu memimpin dan membimbing Staff
6. Peserta mampu menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dengan teknik yang tepat

Durasi Pelatihan

Modul 1 – Perkenalan (40 menit)
1.1 Ruang Lingkup Kerja Supervisor Toko (3:16)
1.2 Mindset Seorang Supervisor Toko (5:41)
1.3 Tantangan Yang akan dihadapi Supervisor Toko (4:59)
1.4 Tantangan Bisnis Di Masa Depan Yang Harus Diketahui Supervisor (VUCA) (4:40)
1.5 (Podcast) Tantangan Menjadi Supervisor Toko – Sinatriyo Puguh (8:45)
1.6 (Podcast) Mindset Sebagai Supervisor Toko – Robi Kurnia (6:57)
1.7 Karir Yang Bisa Kamu Coba Untuk Menambah Pengalaman Untuk Menjadi Supervisor Toko (6:00)

Modul 2 – Kiat Mengelola Toko Yang Baik (102 Menit)
2.1 Mempersiapkan dan Menjadwalkan Penugasan Staff (4:45)
2.2 Dasar Manajemen Inventori part 1 (6:59)
2.2 Dasar Manajemen Inventori part 2 (7:30)
2.3 Membuat Prosedur keamanan (9:21)
2.4 Mencegah Pencurian Dan Kehilangan Toko (9:56)
2.5 Tips Membuat Toko terlihat Rapih dan Baik (5:46)
2.6 Kiat menarik pelanggan dengan Promo part 1 (4:03)
2.6 Kiat menarik pelanggan dengan Promo part 2 (7:54)
2.7 Membuat laporan rutin kepada pemilik Toko (8:01)
2.8 Menguasai Keunggulan Produk (9:33)
2.9 (Tips) Persiapan Promosi Produk (4.25)
2.10 (Podcast) Kiat Menjaga Keamanan Toko dan Mengelola Stok – Sinatriyo Puguh (9:12)
2.11 (Podcast) Kiat Menjaga Keamanan Toko dan Mengelola Stok – Robi Kurnia (9:16
2.12 (Artikel) 9 Keahlian Menjual Produk Yang Perlu diketahui Supervisor Toko (6:00)

Modul 3- Memimpin Pegawai (62 Menit)
3.1 Yang Perlu Diperhatikaan Saat Melakukan Rekrutmen Staff (7:04)
3.2 Kiat memberikan pelatihan Kepada Staff Baru Agar Efektif (4:42)
3.3 Pelatihan Yang Perlu Diberikan Kepada Staff (6:26)
3.4 Kiat memberikan Feedback pada Staff untuk Pengembangan Staff (6:52)
3.5 Menghadapi Staff Yang Memiliki Kinerja Kurang Baik (7:16)
3.6 (Tips) Cara Menjadi Seorang Leader (4.35)
3.7 (Tips) Memberi Feedback (3.13)
3.8 (Podcast) Melatih dan Memimpin Staff – Sinatriyo Puguh (8:41)
3.9 (Podcast) Kiat Melatih dan Memimpin Staff – Robi Kurnia (6:36)
3.10 (Artikel) Kiat Menjadi Pemimpin Yang Disukai Bawahan (6:00)

Modul 4 – Memahami Konsumen (97 Menit)
4.1 Memahami Konsumen Berdasarkan Usia part 1 (5:37)
4.1 Memahami Konsumen Berdasarkan Usia part 2 (5:28)
4.2 Memahami Konsumen Berdasarkan Kepribadian (9:00)
4.3 Memahami Kaidah Fitur Dan Manfaat Untuk Menarik Konsumen (8:38)
4.4 Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Konsumen Loyal part 1 (5:56)
4.4 Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Konsumen Loyal part 2 (5:45)
4.5 Mengatasi Keberatan Dan Komplain Konsumen (9:26)
4.6 (Tips) Karakteristik Multi Generasi (2:54)
4.7 (Tips) Kunci Dalam Melayani Pelanggan (5:23)
4.8 (Tips) Service Excellence (7:25)
4.9 Memberikan Pelayanan Purna Jual Untuk Kepuasan Pelanggan (8:20)
4.10 (Podcast) Menangani Komplain dan Menjaga Loyalitas – Sinatriyo Puguh (6:52)
4.11 (Podcast) Perhatikan Hal Kecil Ini, Agar konsumen Loyal – Robi Kurniawan (9:34)
4.12 (Artikel) Kiat Meningkatkan Penjualan Bagi Supervisor Toko (7:00)

Modul 5 – Mengatasi Masalah Dalam Pekerjaan (69 menit)

5.1 Memiliki Pola Pikir Untuk Memecahkan Masalah (8:35)
5.2 Cara Melakukan Analisa Masalah (9:01)
5.3 Kiat Mencari Akar Permasalahan part 1 (7:55)
5.3 Kiat Mencari Akar Permasalahan part 2 (8:41)
5.4 Mencari Alternatif Solusi Dari Masalah Yang Dihadapi part 1 (7:24)
5.4 Mencari Alternatif Solusi Dari Masalah Yang Dihadapi part 2 (8:43)
5.5 Melakukan Analisa Permasalahan Potensia (9:24)
5.6 (Tips) Melakukan Brainstorming (4.01)
5.7 (Podcast) Pesan dari Manager Toko Untuk Anak Muda Yang Ingin Berkarir di Industri Retail – Sinatriyo Puguh (5:12)

Total durasi 370 menit

Aspek Kompetensi

Pengetahuan (Knowledge)

Nama Kompetensi (Berdasarkan SKKNI):

I. G.46RIT00.022.1 (Menangani Ketidakpuasan Pelanggan Ritel)
Pengetahuan : Penyelesaian keluhan dan ketidakpuasan pelanggan

Aspek ini dapat dilihat di Modul:
4.5 Mengatasi Keberatan Dan Komplain Konsumen
4.9 Memberikan Pelayanan Purna Jual Untuk Kepuasan Pelanggan

II. G.46RIT00.067.1 (Memberikan Bimbingan Kerja (Coaching) dalam Lingkungan Ritel)
Pengetahuan : Teknik dalam melakukan bimbingan kerja (coaching)

Aspek ini dapat dilihat di Modul:
3.4 Kiat memberikan Feedback pada Staff untuk Pengembangan Staff
3.5 Menghadapi Staff Yang Memiliki Kinerja Kurang Baik

III. G.46RIT00.074.1 (Memimpin Tim Operasional Ritel)
Pengetahuan : Pengelolaan tim untuk mencapai visi misi organisasi

Aspek ini dapat dilihat di Modul:
3.6 (Tips) Cara Menjadi Seorang Leader
3.8 (Podcast) Melatih dan Memimpin Staff – Sinatriyo Puguh

Keterampilan (Skill)

Nama Kompetensi Berdasarkan SKKNI
I. G.46RIT00.026.1 (Membantu Pelaksanaan Perhitungan Stok Barang Dagangan)
Keterampilan : Mencatat persediaan

Aspek ini dapat dilihat di Modul:
2.2 Dasar Manajemen Inventori

II. G.46RIT00.035.1 (Mengelola Keamanan Gerai Ritel)
Keterampilan : Menginterpretasikan dan menerapkan prosedur keamanan
gerai

Aspek ini dapat dilihat di Modul:
2.4 Mencegah Pencurian Dan Kehilangan Toko

III. G.46RIT00.068.1 (Melakukan Pengawasan Terhadap Operasional Ritel)
Keterampilan : Menggunakan bahasa dan konsep-konsep yang sesuai
dengan tingkat pemahaman karyawan

Aspek ini dapat dilihat di Modul:
2.1 Mempersiapkan dan Menjadwalkan Penugasan Staff
2.3 Membuat Prosedur keamanan

Sikap (Attitude)

Nama Kompetensi Berdasarkan SKKNI

I. G.46RIT00.035.1 (Menjaga Keamanan Gerai Ritel)
Sikap : Kolaboratif saat bekerjasama dengan atasan, rekan kerja dalam
menjaga keamanan gerai

Aspek ini dapat dilihat di Modul:
2.4 Mencegah Pencurian Dan Kehilangan Toko

II. G.46RIT00.022.1 (Menangani Ketidakpuasan Pelanggan Ritel)
Sikap : Empati mendengarkan keluhan pelanggan dan kesulitan pelanggan

Aspek ini dapat dilihat di Modul:
4.4 Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Konsumen Loyal
4.5 Mengatasi Keberatan Dan Komplain Konsumen

Metode Ajar

LMS

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Jumat jam 9.00 – 10.00 WIB (60 menit) bersama Nur Fadhilah, SEi

Kelompok Sasaran

Lulusan baru yang ingn mengembangkan karir menjadi supervisor toko, staff toko yang ingin menambah ilmu dan wawasan agar memiliki kesempatan dipromosikan menjadi Supervisor Toko, Supervisor toko yang ingin memperdalam ilmu terkait dasar mengelola Toko

Persyaratan:
> Mampu memahami Bahasa Indonesia dengan baik
> Minimal setara SMA Sederajat
> Mampu mengoperasikan laptop/komputer/handphone untuk mengikuti pelatihan”

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.

 

Fasilitator Program

Nur Fadhilah memulai karirnya dalam bidang marketing dan penjualan di beberapa perusahaan, seperti PT Smartfren Telecom Tbk, AXA Financial, Jendela360, dan pernah menjadi staff magang di Bank Indonesia Jawa Timur.

Sebelumnya, Nur Fadhilah aktif mengikuti banyak organisasi, Seperti pernah menjadi wakil-ketua HIMA, Wakil-Ketua Olimpiade Nasional FoSSEI, dan berkesempatan mendapat Beasiswa dari XL Future Leaders untuk mengikuti training Leadership dan softskills.

Konten Kursus

Memperluas Semua
You cannot copy content of this page