Menjadi Peraga Penjualan yang Profesional

Menjadi Peraga Penjualan yang Profesional

 

Deskripsi Program

Dimanapun ada aktivitas promosi, hampir dapat dipastikan peraga penjualan selalu hadir.

Menjadi peraga penjualan yang professional sangat lah penting, karena tugas nya sebagai garda terdepan perusahaan yang memastikan kelangsungan perusahaan itu sendiri. Sering kali peraga penjualan yang profesional mendapatkan komisi penjualan yang mencapai jutaan rupiah.

Diera yang super kompetitif ini, peraga penjualan harus meningkatkan kemampuannya agar bisa bersaing dengan kompetitor maupun dengan peraga penjualan lainnya. Beberapa kompetensi yang akan dibahas dalam modul ini adalah kemampuan untuk menjadi pribadi yang profesional, kemampuan dasar untuk menjadi peraga penjualan yang profesional, negosiasi.

Dengan pelatihan ini, anda akan menjadi peraga profesional yang cakap dan mampu bersaing di dunia pekerjaan penjualan yang sangat kompetitif dan mencapai target perusahaan.

Program ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik dengan dunia pejualan dan ingin mengembangkan potensi yang Anda miliki didalam dunia penjualan khususnya sebagai seorang peraga penjualan

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Diakhir pelatihan, peserta akan mampu memahami dan mengimplementasikan tugas peraga penjualan dengan baik sehingga dapat menjadi Peraga penjualan yang professional dalam upaya meningkatkan penjualan.

Tujuan Pelatihan (Khusus)

1. Peserta mampu Memahami cara yang efektif dalam menginformasikan barang atau jasa kepada pelanggan, meyakinkan pelanggan agar tertarik, menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan saran, dan melakukan penjualan.

2. Peserta mampu Mempraktekkan cara yang efektif dalam menginformasikan barang atau jasa kepada pelanggan, meyakinkan pelanggan agar tertarik, menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan saran, dan melakukan penjualan.

3. Peserta mampu Menerapkan cara yang efektif dalam menginformasikan barang atau jasa kepada pelanggan, meyakinkan pelanggan agar tertarik, menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan saran, dan melakukan penjualan.

Durasi Pelatihan

Opening (00.45)

– Modul 1 Menjadi Pribadi yang Profesional (60 menit)
• Mengenal Diri Sendiri (03.29)
• Mengatasi Rasa Malas (03.29)
• 3 cara jitu meningkatkan PD (02.01)
• Pantang Menyerah Mencapai Tujuan Anda (02.46)
• Tips Grooming atau berpenampilan (6.47)
• Motivasi untuk bisa sukses dan tetap optimis (9.52)
• Strategi efektif untuk membangun self control (9.13)
• Keberuntungan bukanlah sebuah kebetulan yang datang (7.11)
• Peningkatan produktifitas diri menjadi lebih efektif dan produktif (10.00)
• Membaca artikel Tips Meningkatkan Produktivitas Diri Agar Menjadi Lebih Efektif dan Efisien (2.48)
• Membaca artikel Mengembangkan potensi dalam dari dalam diri (2.12)

– Modul 2 Peraga penjualan yang Profesional 1 (137 menit)
• Keterampilan menjual untuk semua orang (8.00)
• Apa yang dimaksud dengan peraga penjualan (3.30)
• Mengapa memilih karir sebagai peraga penjualan (04.07)
• Hal yang perlu dipersiapkan dalam penjualan (9.29)
• Tips menjadi super sales (8.16)
• Mindset dan filosofi peraga penjualan (6.16)
• Menghindari kesalahan yang sering dilakukan salesperson (10.00)
• Fungsi dan Peran Sales (03.06)
• Kunci sukses dalam penjualan (9.00)
• Tipe Konsumen (9.19)
• Target konsumen berdasarkan statistik (8.19)
• Analisa konsumen untuk produk makanan dan minuman (9.24)
• Pentingnya memberi kepuasan pelanggan (06.11)
• Strategi peraga penjualan ketika bertemu pelanggan (9.49)
• Tips menarik minat dan menjaga hubungan baik dengan konsumen (5.14)
• Jurus jitu menangani keluhan (7.00)
• Membaca artikel Cara paling efektif memenangkan hati customer (3.15)
• Membaca artikel Coba 6 cara ini jika anda ingin dikejar-kejar konsumen (3.43)
• Membaca artikel Cara cerdik menjual tanpa terlihat seperti menjual ala Paul Spiegelman (3.31)
• Kunci melayani pelanggan (05.23)
• Di kejar-kejar konsumen (04.21)

– Modul 3 Peraga penjualan yang Profesional 2 (135 menit)
• Buyer persona (06.32)
• Attention Getter (02.07)
• Motivasi Membeli (05.35)
• Memahami kaidah fitur dan manfaat (08.43)
• Selling Benefit (02.40)
• Menguasai keunggulan produk (09.33)
• Menganalisa produk kompetitor (09.50)
• Objection is not rejection (04.45)
• Mengatasi keberatan konsumen (09.57)
• Keberatan adalah masalah atau peluang (08.01)
• Answering Objection (03.09)
• Kenapa harus menjual produk secara daring part 1 (8.34)
• Kenapa harus menjual produk secara daring part 2 (4.02)
• Konten untuk menarik konsumen online part 1 (9.56)
• Konten untuk menarik konsumen online part 2 (6.53)
• Memaksimalkan alat yang ada untuk mengambil foto dan video produk (8.36)
• Mengoptimalkan social media untuk menjual produk part 1 (7.20)
• Mengoptimalkan social media untuk menjual produk part 2 (7.30)
• Membaca artikel self image : hal wajib yang harus dimiliki para sales (2.22)
• Menjadi sales yang berkualitas tinggi (7.40)

– Modul 4 Seni dalam Bernegosiasi (37 menit)
• Persiapan negosiasi (3.09)
• Win – win negotiation (04.09)
• Kenali mitra negosiasi (3.41)
• Capai kesepakatan dalam negosiasi (03.25)
• 3 hal fatal dalam negosiasi (03.52)
• Tips negosiasi bagi pemula (5.15)
• Membaca artikel Teknik negosiasi menjadi sales efektif (1.50)
• Membaca artikel Tips bernegosiasi dengan baik (2.50)
• 4 bekal untuk negosiasi yang produktif (8.49)

Total durasi 370 menit

Aspek Kompetensi

Pengetahuan (Knowledge)

I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI):
M.702090.005.01 (Melaksanakan keterampilan penjualan)
Pengetahuan: Konsep personal selling & langkah penjualan :

Aspek ini bisa dilihat di
Modul 2 :
part 13 : Pentingnya memberi kepuasan pelanggan di menit 1 – 5.55;
part 20 : Kunci melayani pelanggan di menit 1.15 – 5.09;

Modul 3
part 2 : Attention Getter di menit 0.4 – 1.38;
part 5 : Selling Benefit di menit 0.39 – 2.32;
part 8 objection is not rejection di menit 0.43 – 4.34;
part 11 answering objection : 0.4 – 2.55;

Modul 4
part 2 : Win-win negotiation di menit 1.00 – 3.25

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI):
M.702090.004.01
Pengetahuan: Konsep keterampilan penjualan

Aspek ini bisa dilihat di

Modul 3
part 2 : Attention Getter di menit 0.4 – 1.38;
part 5 : Selling Benefit di menit 0.39 – 2.32;
part 8 objection is not rejection di menit 0.43 – 4.34;
part 11 answering objection : 0.4 – 2.55;;

Keterampilan (Skill)

I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI):
M.702090.005.01 (Melaksanakan keterampilan penjualan) & M.702090.004.01 (Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan
potensial)
Keterampilan: Pemanfaatan database pelanggan

Aspek ini bisa dilihat di
Modul 2 :
part 5 Tips menjadi super sales di menit 00.58-6.00
part 7 Menghindari kesalahan yang sering dilakukan salesperson di menit 1.27-5.00

Sikap (Attitude)

I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI):
M.702090.005.01 (Melaksanakan keterampilan penjualan) & M.702090.004.01 (Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan
Sikap: Giat dalam menjalankan tugas harian di bidang penjualan

Aspek ini bisa dilihat di
Modul 1
part 2: mengatasi rasa malas di menit 0 – 3.28
part 4 : pantang menyerah mencapai tujuan anda di menit 1.00 – 2.40

 

Metode Ajar

LMS  

 

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Jumat jam 8.00 – 9.00 WIB (60 menit)  bersama Romy Riyanto

 

Kelompok Sasaran

  • peserta yang saat ini atau ingin berperan sebagai peraga penjualan bagi perusahaan ternama di Indonesia
  • Mampu memahami bahasa Indonesia dengan baik
  • Minimal setara SMP sederajat dapat mengikuti pelatihan ini
  • Mampu memahami bahasa Indonesia dengan baik > Mampu mengoperasikan laptop/komputer/handphone untuk mengikuti pelatihan  

 

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.  

 

Fasilitator Program

Romy RiyantoRomy Riyanto memulai karir sebagai tenaga peraga penjualan di berbagai perusahaan jasa keuangan di Indonesia seperti ANZ Bank, Standard Chartered Bank, dan DBS Indonesia dan Prudential Life Assurance.

Setelah menjadi tenaga peraga penjualan, Romy Riyanto menfokuskan dirinya untuk membagikan pengalaman menjualnya kepada rekan-rekan diberbagai perusahaan seperti Bank BRI, Abbot Indonesia, Nestle Indonesia dan masih banyak perusahaan lainnya.

Konten Kursus

Memperluas Semua
You cannot copy content of this page