Tugas: Baca Artikel “Tips dan Trik Mengatur Keuangan Freelancer”

Tips Dan Trik Mengatur Keuangan FREELANCER

 

Dalam banyak acara berbagi (sharing) session maupun talkshow, saya sering mendapat pertanyaan yang mirip. “Mas Akbar, kan dari tadi bicara mengatur keuangan untuk orang yang mempunyai penghasilan tidak tetap, lalu bagaimana dengan mereka yang penghasilannya tidak tetap seperti seorang Freelancer?”

Oke, mari kita bahas dan telisik bersama, apa sih freelancer itu? Freelancer adalah salah satu pilihan yang bisa kita ambil ketika kita mencari penghasilan dengan seluruh kelebihan dan kekurangannya. Bila ditelisik lebih dalam, Freelancer merupakan pekerja lepas yang tidak terikat dalam satu pekerjaan atau satu perusahaan. Dengan kata lain bebas, lepas dan tidak terikat.

Menjadi freelancer punya keunggulan dan juga kerugian. Banyak sekali orang yang memilih menjadi freelancer karena keunggulannya akan tetapi tidak memperhitungkan kerugiannya. Nah, sebelum kita membahas bagaimana trik dan tipsnya mengelola keuangan bagi seorang freelancer, ada baiknya kita mengetahui dulu secara detil keuntungan dan kerugiannya sehingga anda bisa melakukan antisipasi.

Hal ini juga berguna bagi anda yang berpikiran ingin berhenti dari pekerjaan anda dan melakukan pekerjaan secara freelancer.

Keunggulan Waktu Fleksibel

Sejujurnya salah satu keunggulan dan daya pikat terbesar dari bekerja secara freelancer adalah fleksibilitas dalam mengatur waktu. Karena anda tidak terikat pada suatu perusahaan menyebabkan anda bisa bekerja kapan saja dan di mana saja anda suka. Anda bahkan bisa bekerja dari rumah sendiri atau dari mal ke mal. Dalam kondisi Jakarta dan kota-kota lain yang sudah mulai macet, maka fleksibilitas mengatur waktu ini sangat didambakan oleh banyak orang.

Pekerjaan ini sering kali menjadi dambaan bagi banyak wanita karena mereka menginginkan waktu yang fleksibel antara bekerja dan mengurus keluarga. Tapi tidak sedikit pria yang juga menginginkan bekerja secara freelancer, sehingga mereka bisa fleksibel dalam mengatur waktu ketika ingin bepergian atau liburan baik di dalam maupun luar negeri.

Tetapi ingat, anda harus bisa disiplin dalam mengatur waktu ini. Meeting dan bekerja dari mal ke mal kelihatannya seru, tapi bila anda tidak hati-hati dalam melakukannya anda akan menjadi sangat konsumtif dan boros. Ingat es teh manis di sebuah mal harganya bisa 2-5x lipat dibandingkan es teh manis di warung, ataupun buat sendiri di rumah.

Keunggulan Tidak Punya Bos

Bos anda sering marah-marah, penuh tekanan dan anda tidak bisa bekerja sama dengan bos. Banyak orang memimpikan bisa bekerja sendiri secara freelance karena mereka tidak bisa bekerja dengan bos yang tidak bisa menjadi leader mereka. Itu juga yang menjadi salah satu alasan dan juga sekaligus tantangan.

Ingat, tidak ada bos berarti anda harus set deadline pekerjaan anda sendiri.

Keunggulan Penghasilan Tidak Terbatas

Selama ini anda berpikir, well anda sudah bekerja sangat giat melebihi target yang diberikan perusahaan tapi bentuk penghargaan perusahaan hanya berupa gaji dan begitu-begitu saja. Anda berpikir, wah kalau saya bekerja sendiri maka bila anda mendapatkan penghasilan sudah pasti itu untuk diri anda sendiri semua.

Yes, penghasilan tidak terbatas juga menjadi salah satu daya Tarik orang untuk menekuni pekerjaan sebagai seorang freelancer.

Sayangnya penghasilan tidak terbatas ini bila tidak dikelola dengan baik dan benar justru berdampak negatif. Saya beberapa kali berkolaborasi dengan seorang jagoan ‘online shop’ alias membantu orang membuat dan menjual dagangan melalui media online. Dalam sekejap orang-orang yang dibimbing ini bisa mendapatkan penghasilan sampai puluhan juta per bulan, dibandingkan dengan penghasilan mereka dulu yang sebesar UMP. Apa yang terjadi kemudian? Uang kaget ini membuat mereka lupa dan menghambur-hamburkan uang. Alhasil bisnis online yang sudah berjalan sukses tersebut dalam hitungan bulan harus turun omzetnya, bahkan banyak di antaranya yang tutup dalam 3 bulan berikutnya. Kenapa? Karena mereka tidak bisa mengatur antara keuangan usaha dan keuangan untuk pribadi mereka.

Perhatikan tulisan di atas, kata kuncinya adalah ‘menguasai pengelolaan keuangan’ dengan baik dan benar dan bisa berinvestasi. Suatu hal yang sebenarnya bisa dipelajari tapi banyak orang mendiamkannya. Mereka baru tahu merasa butuh ketika sudah kejadian. Dan ketika uangnya sudah habis maka penyesalan lah yang didapatkan. Oleh sebab itu latihan secara terus menerus dan belajar tentang keuangan baik melalui media tulisan cetak dan elektronik, media TV, radio, maupun training dan workshop. Beberapa yang kami rekomendasikan adalah sebagai berikut.

Masih banyak sebenarnya keunggulan lain tapi kita fokuskan di 3 di atas terlebih dahulu. Kalau tadi kita bicara tentang keunggulan freelancer dan bagaimana dampaknya terhadap keuangan pribadi anda, di tulisan berikutnya kita akan bahas kekurangan sebagai freelancer dan dampaknya kepada keuangan anda, sebelum kita membahas trik dan tips mengatur keuangannya.

Keunggulan anda tidak terikat oleh waktu kerja dan Anda dapat bekerja di mana saja sesuai keinginan. Bahkan yang lebih menggiurkan lagi adalah Anda dimungkinkan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari pegawai jika mendapatkan projek yang besar.

Di sisi lain antara penghasilan yang menggiurkan namun tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang benar akan sama saja besar pasak daripada tiang nantinya, karena memang sifat manusia itu tidak ada puasnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas bagaimana sih mengatur keuangan untuk Anda yang seorang freelancer itu? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

1. Hindari Konsumtif
Yang pertama ini harus Anda tekankan baik-baik, dengan Anda memilih menjadi freelancer Anda juga harus paham akan penghasilan Anda karena belum tentu tiap bulan menerima penghasilan yang sama seperti orang yang kerja di kantor. Jadi hindarilah sifat yang konsumtif, jika Anda membeli lebih baik pilihlah yang memang sedang Anda butuhkan dan untuk barang lainya bisa jadi untuk bulan depannya jika dapat orderan lagi.

2. Sisihkan Pendapatan
Sebaiknya Anda menyisihkan pendapatan Anda saat mendapat order job. Jadi itu akan menjadi cadangan di saat orderan sepi dan akan lebih baik lagi jika Anda membedakan rekening tabungan dengan rekening untuk konsumsi sehari-hari, itu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan Anda sebagai freelancer.

3. Catat Penghasilan
Dengan mencatat penghasilan ini Anda akan mendapatkan daftar gaji yang akan anda gunakan dan yang akan anda tabung, jadi anda nantinya akan tahu bagaimana menyiasati, pengeluaran yang tidak penting untuk ditinggalkan.

4. Dahulukan Kebutuhan Pokok
Kebutuhan pokok seperti listrik dan air merupakan anggaran yang wajib Anda bayarkan setiap bulannya. Jadi prioritaskan harus diprioritaskan, jika ditunda dikawatirkan Anda malah menggunakan uang Anda untuk hal lain dan kebutuhan pokok itu akan terbengkalai.

5. Memilih Proyek atau Order Job yang Sesuai
Hal ini juga penting dalam memilih orderan job yang akan Anda tangani nantinya. Sebaiknya Anda juga perhitungkan berapa biaya dan waktu untuk Anda mengerjakan proyek tersebut. Jangan sampai besar pengeluaran Anda melebihi penghasilan Anda nantinya, jadi perhatikan baik-baik dan hitung baik baik pula.

 

(Sumber: https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3334030/tips-dan-trik-mengatur-keuangan-freelancer)

You cannot copy content of this page